Jangan Sia-siakan Ramadhan! Berikut Manfaat Tadarus Alquran yang Perlu Anda Tahu

Ramadhan penuh berkah merupakan bahasa yang lazim diucapkan orang-orang, bagaimana dengan manfaat tadarus Alquran? Simak informasi di bawah ini supaya tertarik membaca Al-Qur’an dengan rutin mulai bukan Ramadhan.

1. Pahala Berlipat Ganda

Ramadhan menjadi momentum terbaik untuk membiasakan diri dengan amalan-amalan baik, salah satunya bertadarus Alquran. Sebab, setiap ayat yang Anda bacakan atau lantunkan akan dinilai dengan pahala yang berlipat ganda.

Jika pada hari biasanya membaca satu huruf akan diberi 10 kebajikan, bagaimana dengan bulan Ramadhan? Terlebih, Anda mungkin akan membacanya lebih dari 1 ayat.

2. Menenangkan Hati dan Pikiran

Melanjutkan kembali bahasan sebelumnya, manfaat kedua adalah menenangkan hati dan pikiran. Ketenangan akan didapatkan seseorang yang melantunkan ayat Suci dengan ikhlas, tidak tergesa-gesa, dan merasakan tiap ayatnya.

Dalam al-Isra ayat 82 disebutkan bahwa al-Qur’an adalah obat segala penyakit kejiwaan. Jika orang yang mendengarkan bacaan Al-Qur’an saja akan tenang pikirannya, bagaimana dengan yang langsung membacanya? Sudah bisa dibayangkan seperti apa tenang dan tentramnya raga dan jiwa, kan?

3. Menghindarkan dari Kegiatan Unfaedah

Manfaat tadarus Alquran selanjutnya adalah menghindarkan diri dari kegiatan unfaedah, seperti ghibah online maupun offline. Seperti diketahui, meskipun tidak saling bertatapan, tidak sedikit orang yang membawa pergosipan ke dalam dunia maya.

Nah, dengan menggunakan waktu untuk membaca Al-Qur’an, seseorang akan terhindar dari kegiatan unfaedah tersebut dan kegiatan unfaedah lainnya.

4. Lebih Mendekatkan Diri pada Allah

Seperti yang diketahui, ketika seseorang beribadah atau berbuat kebaikan, artinya selangkah lebih mendekat pada Yang Mahakuasa. Sementara itu, di saat yang sama, Allah swt. pun akan lebih mendekat pada seseorang itu dengan langkah yang lebih banyak.

5. Menjadi Penolong di Hari Akhir

Manfaat selanjutnya adalah Al-Qur’an penolong di yaumul qiyamah atau hari kiamat. Dengan merutinkan kegiatan tadarus Alquran, inshaallah, Al-Qur’an akan memberi syafaat di hari akhir.

Selain manfaat di atas, masih banyak lagi manfaat tadarus Alquran yang tidak dapat ternilaikan. Terutama keutamaan ketika dibaca di bulan Ramadhan.